R Dance Academy

R Dance Academy

Friday, December 28, 2012

APA ITU MODERN DANCE

APA ITU MODERN DANCE

Kali ini kami mencoba berbagi informasi dengan para blogger mengenai apa itu modern dance, dari beberapa kutipan yang kami dapat, Secara sederhana Modern Dance bisa diartikan sebagai bentuk tarian yang tidak mengikuti aturan atau pakem tari Tradisional. Modern Dance sendiri mulai diperkenalkan sejak awal abad 20 di daratan Amerika dan Eropa, dimana sebelumnya disana mencoba membuat tarian yang keluar dari unsur Ballet. Di Indonesia sendiri modern dance sudah dikenal sejak lama hasil pengaruh dari luar negeri.


Dewasa ini Modern Dance berkembang sangat pesat dan mengalami pembagian kategori atau jenis. Ada jenis Hip Hop, Salsa, Street Dance dan yang lainnya, bahkan ada juga jenis tarian hasil gabungan dengan tarian tradisional ( Kontemporer ). Intinya dalam Modern Dance orang bisa mengekspresikan ide gayanya sebebas mungkin tanpa harus mengikuti aturan atau pakem tertentu, karena dalam sebuah tarian yang terpenting adalah


KONSEP Sebelum kita membuat gerakan tarian atau menentukan jenis iringan musik, hal pertama yang harus ditentukan adalah konsep. Konsep apakah yang kita inginkan, Kontemporer, Glamor, tarian jalanan, Hip-Hop atau teatrikal? Setelah kita tentukan konsep barulah kita mencari iringan musik yang cocok ( bila menggunakan iringan musik ). Baru kemudian kita memikirkan gerakan tarian yang sesuai.


MUSIK YANG DIGUNAKAN
Ingat, tidak semua tarian harus diiringi musik, karena ada beberapa tarian yang dimainkan tanpa iringan musik tergantung konsepnya. Namun apabila kita ingin menggunakan iringan musik, kita harus bisa memilih musik yang benar-benar pas atau cocok dengan konsep yang kita ambil. Kita sering menemukan sebuah tarian (modern dance) yang diiringi oleh musik yang diambil dari beberapa potongan lagu. Tidak salah memang, tapi yang harus diperhatikan adalah pemilihan lagu, penempatan urutan dan mixing. Kadang kita terjebak dengan memilih lagu-lagu yang sedang booming atau trend tanpa disesuaikan dengan konsep dan gerakan. Kemudian penempatan urutan lagu pun tidak pas sehingga musik tidak terdengar harmonis secara keseluruhan. Ditambah lagi mixing yang kurang bagus atau tidak balance, hal ini membuat musik secara keseluruhan terdengar naik turun. Perlu diingat bahwa walaupun kita menggunakan iringan musik dari potongan beberapa lagu, tapi upayakan supaya iringan musik tersebut menjadi satu kesatuan.

GERAKAN
Biasanya bagi pemula (anak muda) akan merasa bangga dan hebat kalau bisa membawakan sebuah tarian dengan gerakan yang sulit. Mereka lupa bahwa faktor kekompakan pun perlu diperhatikan. Karena dalan modern dance semua anggota tim adalah satu kesatuan yang membutuhkan kekompakan atau kesamaan gerak. Tentunya akan menjadi kurang bagus apabila gerakan itu dipaksakan dan hanya sebagian anggota saja yang bagus dalam membawakannya. Sekali lagi perlu diingat, Tidak semua gerakan yang sulit atau "ribet" akan bagus dan enak dilihat, lalu menang dalam ajang sebuah lomba. Yang terpenting adalah kekompakan, keserasian dan keharmonisan antara konsep, gerak dan musik.

KOSTUM dan PROPERTY
Kostum dan properti adalah alat penunjang konsep sebuah tarian, jadi harus disesuaikan dengan konsep yang diambil. Bukan berarti kostum yang bagus dan mahal akan membuat sebuah tarian akan jadi bagus. Sering kita jumpai dibeberapa pementasan modern dance ada unsur "pemaksaan" dalam memilih kostum, dalam arti tidak sesuai dengan konsep dan gerakan tarian yang dibawakan. Bahkan ada penari yang akhirnya terganggu gerakannya karena menggunakan kostum yang "berlebih". Usahakan kostum yang digunakan untuk sebuah tarian dibuat sedemikian rupa supaya terlihat nyaman dan cocok dengan konsep tarian.
Demikian juga dengan properti, hati-hati bila tarian yang kita bawakan menggunakan properti tertentu karena bisa menimbulkan masalah apabila kita tidak pandai atau salah menggunakannya. Memang betul sebuah tarian akan terlihat indah dan bagus apabila ditunjang dengan kostum dan properti yang proposional.

DETAILIni adalah bagian terpenting menurut saya dari sebuah tarian. Dalam membuat atau membawakan sebuah tarian haruslah diperhatikan hal-hal kecil sampai dengan hal-hal yang besar. jangan sampai kita menyepelekan hal kecil (detail).
Dari apa yang telah kami sampaikan diatas akan menjadi sempurna apabila ditambah dengan memperhatikan hal-hal kecilnya terutama masalah GERAKAN dan KOSTUM. Ingat, apabila tarian kita dibawakan oleh lebih dari satu orang maka kekompakan dan kesamaan adalah hal yang wajib diperhatikan. Sebagai contoh dalam satu gerakan saja maka semua anggota harus sama dan kompak dalam menggerakannya. Jadi, ketika masih dalam tahap latihan maka seorang pelatih tari harus benar-benar memperhatikan anggota tarinya dalam menggerakan sebuah gerakan tarian sesuai dengan apa yang diarahkan. Apabila ada yang tidak kompak bahkan salah, jangan sungkan-sungkan untuk mengulanginya untuk perbaikan.Hal itu dilakukan terus menerus sampai semua penarinya benar-benar mahir. Begitupun masalah kostum, apabila konsep yang dibawakan adalah "seragam" maka semua penari harus menggunakan kostum yang sama, baik bentuk, model, serta warnanya. Jangan sampai ada salah seorang anggota yang menggunakan kostum berbeda baik bentuk, model atau warnanya karena hal ini akan mempengaruhi faktor keindahan dan keserasian. Apabila saat menentukan jenis kostum namun secara jumlah tidak mencukupi anggota maka hendaknya carilah alternatif model yang lain, yang penting masih cocok dan sesuai dengan konsep tarian.

PENTING UNTUK DIPAHAMI
Betapa banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat mereka belajar dan berkegiatan menari ( lihat di MANFAAT MENARI BAGI MANUSIA ). Jadi mengapa menari tidak diajarkan pada anak-anak seperti kita mengajari mereka Matematika, bahasa inggris dll?
Sebagai tambahan, menari memerlukan pembimbing, pilihlah guru menari yang memang secara naluri dan bakat kesenian yang tinggi, untuk anak anak, guru yang baik adalah yang dapat mengerti dan peduli terhadap anak, karena menari tidak bisa dipaksakan, pelatih yang menyenangkan adalah pelatih yang baik untuk anak-anak.

Menari adalah pondasi kecerdasan intelektual anak

No comments:

Post a Comment